SMK Multi Karya Menyiapkan Guru untuk bahan ajar berbasis IT

SMK Multi Karya Resmi Buka ATM BNI
19 December , 2013
Tim Akreditasi datang ke SMK Multi Karya
23 December , 2013

SMK Multi Karya Menyiapkan Guru untuk bahan ajar berbasis IT

MEDAN, SMKMULTIKARYA.sch.id – Dalam era technology sekarang ini, pembelajaran modern mulai meninggalkan cara-cara pembelajaran konvensional. Mengintegrasikan IT dalam pembelajaran menjadi salah satu pilihan dalam cara mengajar sekarang ini. Dengan IT guru bisa membuka cakrawala siswa untuk mencari sumber belajar yang terbatas.

Pembelajaran modern menekankan bahwa guru bukanlah satu-satunya sumber belajar di kelas. Memanfaatkan tekhnologi informasi dapat memberi peluang kepada siswa untuk mencari sumber belajar secara mandiri. Sistem pembelajaran konvensional, diyakini sebagai sistem yang tidak efektif lagi. Kemampuan dan kreativitas manusia berkembang sedemikian pesat menuju cara-cara yang efektif dan efisien dalam melakukan sesuatu.IMG_0436Merujuk dari itu semua, membuat SMK Multi Karya yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) menggelar workshop  untuk mengoptimalkan pemanfaatan IT dalam pembelajaran di sekolah yang diikuti seluruh guru-gurunya.

Relawan TIK Sumut, Selaku pemateri dalam workshop tersebut, mengatakan beberapa kegunaan IT yang berhubungan dengan pembelajaran antara lain, kemudahan dalam pengelolaan teks dan angka.

Selain itu, lanjutnya pembuatan presentasi pembelajaran, seperti Microsoft Power Point sangat membantu guru dalam pembuatan presentasi pembelajaran, internet sebagai the unlimited learning sources, yang dapat memberikan layanan informasi yang luar biasa. Guru bisa dapat memperoleh apa saja melalui pemanfaatan internet, fasilitas blog dan email sebagai media penyampaian informasi. “Kegunaan lainnya juga sebagai pengembangane-learning atau pembelajaran jarak jauh, yang memanfaatkan computer dan internet untuk melaksanakan proses-proses dan tahapan pembelajaran secara mandiri dan berkolaborasi. Nah ini, semua yang kita tuangkan ke peserta workshop kali ini,” jelasnya.

IMG_0446

Namun, dalam perjalanan RSBI pemanfaatan IT dalam pembelajaran menjadi sebuah keharusan. Namun demikian belum semua kemudahan dan ke-efektifan yang bisa dicapai dengan memanfaatkan IT belum seutuhnya tercermin di kelas RSBI. Beberapa catatan penting di lapangan yang dapat ditemukan berkaitan dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran adalah, memanfaatkan IT tidak serta merta meninggalkan kualitas pembelajaran bila tidak mengikuti kaidah-kaidah yang tercermin dalam tuntutan meaningful learning dan deep learning. Memanfaatkan IT untuk presentasi pembelajaran harus membuat sebuah presentasi pembelajaran menjadi bermakna dan “pesan” yang akan disampaikan dalam presentasi tersebut mudah diterima dan diingat dalam jangka waktu yang lama oleh peserta didik.

“Memanfaatkan visualisasi teks, gambar, grafik, video dan juga animasi dalam pembelajaran membuat “pesan” yang akan disampaikan semakin berpeluang untuk mudah dimengerti oleh murid,” paparnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMk Multi Karya, Ir.Zainuddin, yang juga dimintai keterangan mengenai workshop tersebut, menambahkan sejumlah guru yang berada di sekolah yang dipimpinnya, dalam workshop diberikan pemahaman tentang penggunaan bahan ajar yang berbasis IT untuk dimanfaatkan, salah satu Ms. Office yang memudahkan guru untuk membuat presntase pembelajaran yang menarik kepada siswa agar tidak bosan.

Untuk itu, diharap sejumlah peserta benar-benar mengikuti kegiatan. Agar apa yang diharap kedepan bisa dapat tercapai, tentang penerapan ke siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendaftaran siswa baru secara Online SMK Multi Karya
Silahkan Klik disini untuk mendaftar