fbpx

SMK Multi Karya Gelar Pemilihan Ketua OSIS Mirip Pilpres

SMK Multi Karya Peroleh Bantuan Mobil Mitsubishi
15 Oktober , 2014
SMK Multi Karya : Selamat Hari Raya Idul Adha
31 Oktober , 2014

SMK Multi Karya Gelar Pemilihan Ketua OSIS Mirip Pilpres

MEDAN, SMKMULTIKARYA.sch.id – Pada Jumat (18/10/2014) SMK Multi Karya menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS (Pemilos). Uniknya, pemungutan suara diadakan mirip pemungutan suara dalam pemilihan presiden dan kepala desa. Hal itu disambut positif oleh siswa.

Proses pemilihan ketua OSIS juga dibuat semirip mungkin dengan pemilihan presiden dan kepala desa. Misalnya, panitia juga mendaftar nama-nama siswa yang akan memilih. Selain itu, proses pencoblosan disetting sesuai kondisi asli dipandu KPU. Kertas suara pun sangat mirip dengan kertas suara pada pilpres.

Proses pemungutan suara diawali dengan pencocokan data siswa pada panitia pemungutan suara. Setelah dipastikan siswa terdaftar sesuai jadwalnya, panitia pun memberikan kertas suara. Siswa yang telah mendapatkan kertas suara memberikan suaranya di bilik suara. Setelah itu, surat suara yang dilipat dimasukkan ke kotak suara. Baik bilik maupun kotak suara yang dibuat anak-anak OSIS.

Seorang siswa, dari kelas XII TKJ mengatakan, ia terkesan pada tata cara pemilihan semacam itu. Menurutnya, hal itu membuat siswa bebas menentukan pilihannya.

“Sebelumnya kan pemilihan digelar dengan cara panitia mengedarkan kotak pilihan ke kelas. Kalo di kelas kan biasanya kita cenderung memilih berdasarkan ajakan teman. Tapi di sini, saya bebas menentukan pilihan saya karena bersifat rahasia,” katanya.

Siswa/i berharap, pemilihan semacam ini bisa digelar pada pemilihan ketua OSIS berikutnya. Selain memberi siswa kebebasan berekspresi, pemilihan juga membuat siswa mengalami bagaimana mengikuti kehidupan berdemokrasi.

Peserta lain, kelas XI Multimedia mengatakan, pemilihan semacam ini menjadi simulasi ketika ia tahun depan akan memberikan suaranya dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). “Ya anggap aja kaya nyoblos beneran,” katanya pendek.

Berbeda dengan pesta demokrasi yang sesungguhnya, ada sedikit batasan dalam Pemilos. Meskipun calon yang berlaga berasal dari kelas X dan XI, namun ada kesepakatan bahwa yang akan menjadi ketua OSIS tetaplah kelas XI.

“Pertimbangan ini telah disepakati semua calon. Hal ini dilakukan karena kelas X masih baru sehingga masih perlu belajar,” sambung pengampu OSIS SMK Multi Karya.

“Dalam kegiatan ini, siswa diajak merasakan langsung bagaimana tahapan pesta demokrasi ini. Dengan demikian mereka bisa semakin memahami bagaimana kehidupan berdemokrasi ini. Diharapkan, mereka bisa menjadi pemilih aktif yang memberikan suaranya secara bertanggungjawab sesuai hati nurani,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAFTAR ONLIINE SMK MULTI KARYA
Silahkan Klik disini untuk mendaftar
%d blogger menyukai ini: