Meutya Hafid: Siswa/i SMK Multi Karya Harus Mengerti nilai-nilai Kebangsaan

SMK Multi Karya, PLS bangun karakteristik Mental Positif
26 July , 2017
Malam 17 Agustus, Siswa SMK Multi Karya Baca Puisi untuk Negeri di Taman Ahmad Yani
19 August , 2017

Meutya Hafid: Siswa/i SMK Multi Karya Harus Mengerti nilai-nilai Kebangsaan

MEDAN, SMKMULTIKARYA.sch.id – Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata; Panca berarti lima, dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penjabaran arti itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat melakukan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di SMK Multi Karya Jl.Stm No.10 di Medan Kota.

Di hadapan 250 siswa, politisi Partai Golkar ini menyampaikan materi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dia mengatakan sangat penting bagi remaja untuk mengamalkan nilai yang terkandung dalam pilar kebangsaan.

Pancasila misalnya, setiap sila memiliki makna khusus seperti kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sikap hormat, mengakui persamaan derajat, sikap rela berkorban, musyawarah, toleransi dan kegotongroyongan.

“Semua itu sangat penting mengamalkannya, apalagi remaja adalah penerus bangsa, ditangan remajalah masa depan bangsa ditentukan,” ujar Meutya.

Penerapan nilai-nilai, lanjutnya, dimulai dari diri sendiri, kemudian dapat menjadi contoh bagi sesama untuk berbuat baik demi kepentingan bersama. Meutya juga menghimbau agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang mampu memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saat ini mungkin banyak pemberitaan yang mencoba mengangkat isu-isu agama, perbedaan ras, tapi kita jangan terprovokasi. Sehingga kita harus paham tentang konsep kebhinekaan dan kita semua bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Meutya juga mengungkapkan rasa bangga pada SMK Multi Karya. Bagaimana tidak, ditengah kemajemukan yang ada di provinsu Sumut, terbukti Sekolah ini giat dalam mencapai keterampilan dan menciptakan alumninya  berhasil atau sering mengundang pejabat-pejabat daerah.

“Saya merasa Sekolah lain bisa mencontoh SMK Multi Karya. Di SMK Multi Karya terdiri banyak Program Keahlian. Saya bangga akan karena sampai saat ini SMK Multi Karya selalu giat dalam menghadapi persaingan Global,” ujarnya.

Di akhir acara, Meutya berharap kepada seluruh siswa agar tetap menjaga hingga mewariskannya kembali ke generasi penerus berikutnya. Baginya kerukunan tentu tak lepas dari masyarakatnya yang mengamalkan nilai-nilai pancasila, melaksanakan UUD 1945, sadar akan kebhinekaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendaftaran siswa baru secara Online SMK Multi Karya
Silahkan Klik disini untuk mendaftar