fbpx

Kisah SMK Multi Karya Membuat mobil Gokart

SMK Multi Karya Cetak Siswa Berprestasi
22 April , 2013
Belum Lulus Siswa SMK Multi Karya Sudah Dilirik Perusahaan
29 April , 2013

Kisah SMK Multi Karya Membuat mobil Gokart

Kisah SMK Multi Karya Membuat mobil GokartMEDAN,SMKMULTIKARYA.sch.id– Mulai dengan perakitan mobil program yang dinginkan yayasan smk multi karya untuk bermain golf, SMK Multi Karya yang memiliki program keahlian Teknik Pemesinan terpilih untuk membuat mobil gokart tahun 2013 ini yang dinginkan yayasan. Sekolah yang berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional kini digandeng oleh Perguruan Tinggi UNIMED, United Tracktor, Mitsubisi, Auto 2000, dsb untuk mengembangkan prototipe mobil gokart yang siap diproduksi nantinya.

Mobil jenis Gokart cc karya siswa SMK Multi Karya Medan yang nantinya akan dikendalikan oleh yayasan untuk bermain golf. Rakitan mobil Gokart generasi pertama dikerjakan siswa Teknik Pemesinan MK, guru kejuruan teknik pemesinan, serta yayasan dan kepala sekolah, yang menjadi mentor siswa SMK ini.

Keinginan mewujudkan mobil gokart menjadi produk massal yang bisa bersaing di pasar dalam negeri mendapat dukungan dari yayasan dan nantinya akan ke pemerintahaan kota medan. Hal itu ditandai dengan pembentukan keahlian teknik pemesinan yang mempunyai ide kreatif yang disuruh oleh yaysan untuk membuat mobil ini.

”Dari merakit, kita bisa belajar membuat beberapa komponen. Ini peluang buat siswa SMK mengembangkan usaha,” kata Ir.Zainuddin,Kepala Sekolah Multi Karya.

Menurut salah satu siswa pembuat mobil ini, pembuatan mobil Gokar tidak ada bermitra dengan produsen dari manapun. Namun, pihak sekolah dan yayasan yang mendukung. Mobil Gokar yang siap dipasarkan, kandungan lokal mencapai 60 persen.

Produksi massal mobil Gokart untuk mobil jenis SUV dan pick-up (minitruk) yang dikembangkan di banyak SMK, menurut zainuddin, siap dilaksanakan Sekolah kami ini. Proses perizinan masih diurus dari kepolisian, Kementerian Perhubungan, hingga Kementerian Perindustrian.

Hadi mengatakan, di SMK Multi Karya Medan tengah dikembangkan prototipe mobil Gokart yang lebih baik dari yang pernah dirakit. Bersama yayasan smk multi karya, sasis mobil gokart didesain monocoque (kerangka dan bodi menjadi satu), lebih ringan, tetapi tetap kuat.

Minitruk yang hendak diproduksi massal berkapasitas 1.100 cc dan mampu mengangkat beban seberat 1 ton.

Hadi menuturkan, sekolah ini bisa bermitra dengan sejumlah UKM di daerah lain sekitar Medan untuk membuat komponen-komponen mobil yang sudah bisa dilokalkan. Dalam bidang ini, selain siswa otomotif, Pemesianan bisa dilibatkan siswa elektronika dan Komputer.

Program keahlian Teknik Pemesinan sampai saat ini tinggi peminatnya. Masyarakat melihat peluang kerja yang terbuka lebar, termasuk peluang wirausaha dalam jasa perawatan. ”Sekarang kami coba mengarahkan dalam proses produksi,” kata Hadi.

Lulusan program keahlian di SMK Multi Karya Medan saat ini diburu berbagai perusahaan besar. Mereka tersebar di Medan dan sekitarnya, di perusahaan besar otomotif, pemesinan, dan komputer hingga di perusahaan pembuat berbagai komponen mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAFTAR ONLIINE SMK MULTI KARYA
Silahkan Klik disini untuk mendaftar
%d blogger menyukai ini: